Pengaruh Desain Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Aliyah Asshohwah Al-Islamiyah Bilatepung
Authors
Atika SuryaniDOI:
10.29303/jipp.v10i1.2980Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 10 No. 1 (2025): FebruariKeywords:
Desain Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kritis, Madrasah AliyahArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Desain pembeljaran yang efektif dan berpusat pada siswa merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat Madrasah Aliyah (MA). Desain pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning, PBL) telah diterapkan di Madrasah Aliyah Asshohwah Al-Islamiyah Bilatepung dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa, terutama dalam hal kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan PBL, mengidentifikasi tantangan dan hambatan yang dihadapi, serta menganalisis dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur yang mengkaji berbagai studi dan artikel terkait PBL di MA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan desain pembelajaran berbasis proyek di MA Asshohwah Al-Islamiyah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa yang terlibat dalam PBL menunjukkan peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah, kreativitas, dan kolaborasi. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa hambatan dalam mengimplementasikan model pembelajaran ini, seperti kesiapan guru dalam menerapkan PBL dan ketersediaan sumber daya serta fasilitas yang memadai di sekolah. Untuk menghadapi tantangan tersebut, diperlukan upaya peningkatan kompetensi guru serta perencanaan yang matang dalam mendesain pembelajaran berbasis proyek. Dengan mengatasi hambatan ini, diharapkan penerapan PBL dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di MA Asshohwah Al-Islamiyah Bilatepung.
References
Adawiyah, R., & Putrawangsa, S. (2019). Studi Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru dalam Merancang Pembelajaran Berparadigma Konstruktivis. In R. Adawiyah & S. Putrawangsa, PEDAGOGIA Jurnal Pendidikan (Vol. 8, Issue 2, p. 311). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.1769
Alwan, M. (2022). STRATEGI MEMBANGUN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PADA GENERASI DIGITAL. In M. Alwan, Jurnal al Muta aliyah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 2, Issue 2, p. 19). https://doi.org/10.51700/almutaliyah.v2i2.354
Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem Based Learning dan Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. In S. R. Ariyanto, I. W. P. Lestari, S. U. Hasanah, L. Rahmah, & D. V. Purwanto, Jurnal Kependidikan Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan Pengajaran dan Pembelajaran (Vol. 6, Issue 2, p. 197). https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2522
Azizi, A., & Irwansah, I. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PBL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIA. In A. Azizi & I. Irwansah, JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION (p. 24). https://doi.org/10.55681/jige.v1i1.29
Bagit, I., Sumual, H., & Mewengkang, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. In I. Bagit, H. Sumual, & A. Mewengkang, Edutik Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 2, Issue 6, p. 860). https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6341
Bisri, M., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV Tema 7. In M. Bisri, H. D. Koeswanti, & T. Sadono, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan (Vol. 6, Issue 1, p. 60). https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.148
Dewi, S. J., Setiti, S., & Hasanah, M. (2020). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MEMAJUKAN HASIL BELAJAR WIRAUSAHA KERAJINAN DENGAN INSPIRASI OBJEK BUDAYA LOKAL. In S. J. Dewi, S. Setiti, & M. Hasanah, Journal of Economics Education and Entrepreneurship (Vol. 1, Issue 1). Unlam Press. https://doi.org/10.20527/jee.v1i1.2232
HARYANTO, C. C., & KUSMIYATI, K. (2022). ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. In C. C. HARYANTO & K. KUSMIYATI, TEACHING Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Vol. 2, Issue 3, p. 307). https://doi.org/10.51878/teaching.v2i3.1664
Kahar, M. I., & Wahyuningsih, N. (2021). IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS. In M. I. Kahar & N. Wahyuningsih, Scolae Journal of Pedagogy (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.56488/scolae.v4i1.89
Kurniawan, D., Jaenullah, J., Jannah, S. R., Setiawan, D., & Mispani, M. (2023). STRATEGY FOR INCREASING THE LEARNING QUR’AN HADITS QUALITY FOR THE STUDENTS’ RELIGIOUS CHARACTER. In D. Kurniawan, J. Jaenullah, S. R. Jannah, D. Setiawan, & M. Mispani, Jurnal As-Salam (Vol. 7, Issue 1, p. 57). https://doi.org/10.37249/assalam.v7i1.583
Maulidi, A. (2020). PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATA PELAJARAN AL-ISLAM. In A. Maulidi, Reflektika (Vol. 15, Issue 1, p. 15). Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien. https://doi.org/10.28944/reflektika.v15i1.398
Muntari, Burhanuddin, B., Loka, I. N., Haris, M., & Hakim, A. (2022). Pendampingan Implementasi Lesson Study For Learning Community (LSLC) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA/MA/SMK Yayasan Pondok Pesantren Darussholihin NW Kalijaga, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. In Muntari, B. Burhanuddin, I. N. Loka, M. Haris, & A. Hakim, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (Vol. 5, Issue 1, p. 323). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1464
Prasetyo, T., M.S, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia. In T. Prasetyo, Z. M.S, & F. Fahrurrozi, EDUKATIF JURNAL ILMU PENDIDIKAN (Vol. 3, Issue 6, p. 3617). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.669
Sutrio, S., Sahidu, H., Harjono, A., Hikmawati, H., & Verawati, N. N. S. P. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis Proyek bagi Guru-guru SD di Kota Mataram. In S. Sutrio, H. Sahidu, A. Harjono, H. Hikmawati, & N. N. S. P. Verawati, Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.158
Tambak, S., Sukenti, D., Husti, I., Zamsiswaya, Z., & Mahfud, C. (2023). Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach. In S. Tambak, D. Sukenti, I. Husti, Z. Zamsiswaya, & C. Mahfud, International Journal of Islamic Educational Psychology (Vol. 4, Issue 1). Muhammadiyah University of Yogyakarta. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396
Yanti, N. F., & Wijaya, A. (2023). META-ANALISIS: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. In N. F. Yanti & A. Wijaya, AKSIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika (Vol. 12, Issue 1, p. 1213). Muhammadiyah University of Metro. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6750
License
Copyright (c) 2025 Atika Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.