Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin
Authors
Ridho Yudha Pratama , Arjudin Arjudin , Nurul Hikmah , Sri SubarinahDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.792Published:
2022-09-02Issue:
Vol. 7 No. 3b (2022): SeptemberKeywords:
Literasi Matematika, Soal Cerita, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Perbedaan Jenis KelaminArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Literasi matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, namun kemampuan literasi matematika siswa masih sangatlah rendah. Hal ini dikarenakan masih kurangnya informasi yang membahas secara rinci kemampuan literasi matematika siswa sehingga belum adanya upaya dalam meningkatkan literasi matematika di indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas X dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Indikator literasi matematika yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada komponen proses literasi matematika, yakni 1) Komunikasi, 2) matematisasi, 3) penalaran dan pemberian alasan, 4) Strategi untuk memecahkan masalah, dan 5) Penggunaan operasi dan bahasa simbol, bahasa formal dan bahasa teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan telah mampu menyampaikan informasi yang terdapat pada masalah, mengubah kalimat sehari-hari menjadi bentuk matematika, merancang strategi untuk memecahkan masalah, menggunakan operasi matematika dan bahasa dalam memecahkan masalah, serta memberikan pembuktian dan kesimpulan terkait solusi yang ditemukan. Diperoleh juga adanya perbedaan kemampuan siswa laki-laki dan siswa perempuan yang terletak pada komponen penalaran dan pemberian alasan, dimana siswa laki-laki sudah dapat memberikan kesimpulan yang tepat, sedangkan siswa perempuan belum mampu memberikan kesimpulan dari solusi yang ditemukan.
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansa, H. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad, A., & Sehabuddin, A. (2017). Komparasi Prestasi Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender. JTAM: Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.4.
Amir, Z. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 14–31. doi: https://10.24014/marwah.v12i1.511
Ernawati, Zulmaulida, R., Saputra, E., Irham, M., Zanty, L. S., Nasruddin, Wahnyuni, M., & Akmal, N. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Pidie: Yayasan Penerbitan Muhammad Zaini.
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika Untuk Menumbuhkan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568-574. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20196.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/29305/12924.
OECD. (2013). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do: Student Performance in Mathematics, Reading and Science. (Volume 1). Paris: PISA OECD Publising.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. (Volume 1). Paris: PISA OECD Publishing.
Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able to Put the Mathematics We Learn into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100. https://www.educationforatoz.com.
Pakpahan, R. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia dalam PISA 2012. Jurnal pendidikan dan kebudayaan. 1(3). 331-348. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.496.
Pambudi, D. S., Aini, R. Q., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika Nalaria Berdasarkan Jenis Kelamin. JNPM (Jurnal nasional Pendidikan Matematika). 5(1). 136-148. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4206.
Pratiwi, D. D.(2015). Analisis Kemampuan Matematis dalam Memecahkan Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). 131-141. Doi: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.28.
Rusmining, R. (2017). Analysis of Mathematics Literacy of Students of Mathematics Education Department Viewed from Process Components. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 384-390. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i3.19518.
Siswanti, R, E., & Khabibah, S. (2016). Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5), 90-99. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/16684.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Umam, K., Hidayat, D., & Supandi. (2021). Memahami bagaimana Siswa Laki-laki dan Perempuan Memecahkan Masalah Materi Sistem Persamaan Linier. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2477-2489. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4226.
Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut PISA 2018: Pengembangan Literasi matematika untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 31-38. doi: https://10.36277/defermat.v1i1.14
Yamin, M., & Syahrir. (2019). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education. 6(1). 126-136. Doi: https://dx.doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.