Pengembangan Media Anceko Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Matematika Siswa Fase B
Authors
Mochammad Aqil Abdurrafi , Andhin Dyas Fitriani , Ira RengganisDOI:
10.29303/jipp.v10i3.3508Published:
2025-08-21Issue:
Vol. 10 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Computational Thinking, Media Pembelajaran, Matematika, PengembanganArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kemampuan computational thinking merupakan salah satu kemampuan yang relevan dan dibutuhkan pada era abad ke-21. Namun, siswa sekolah dasar masih banyak yang kurang dalam kemampuan ini karena mereka tidak dibiasakan untuk melatih kemampuan computational thinking ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media permainan edukasi digital “ANCEKO” sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan computational thinking siswa sekolah dasar fase B pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D) dengan prosedur penelitian ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini berfokus untuk mengembangkan media “ANCEKO” yang merupakan suatu permainan edukasi digital yang terdiri dari permainan dan video pembelajaran sesuai dengan indicator computational thinking. Kelayakan produk dinilai melalui angket yang diberikan kepada validator ahli materi, media, dan pembelajaran. Hasil angket menunjukkan bahwa media ini termasuk dalam kategori sangat layak pada aspek materi, media, dan pembelajaran serta sesuai untuk digunakan pada pembelajaran di kelas. Kemampuan computational thinking siswa juga mengalami peningkatan setelah menggunakan media ANCEKO ini.
References
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics, Science and Technology, 4(2), 209-216.
Amril, R., & Pransiska, R. (2021). Analisis Buku Cerita Bergambar B Series Sebagai Media Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak. Jurnal Golden Age, 5(01), 175-184.
Aryanti, D., Ulandari, S., & Nuro, A. (2023). MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA. SEMINAR NASIONAL HASIL RISET DAN PENGABDIAN, 5, 1923.
Aswin, H., & Nugraheni, A. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Bahasa Baku Oleh Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 5 MI Al-Huda Depok Sleman. Jurnal Wahana Pendidikan.
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis kesalahan siswa smp berdasarkan newman dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bangun ruang sisi datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71-78.
Fitriani, W., Suwarjo, & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9, 235. https://jurnal.usk.ac.id/JPSI/article/view/19040/13632
Hajidi, M., Mulyasari, E., & Fitraiani, A. D. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas III SD. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 373-378.
Hardiansyah, B., & Armin, A. P. (2023). Rancang bangun game interaktif menggunakan Scratch dengan computational thinking. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(2), 717-724.
Lutfia, A. H., Kusumaningsih, W., & Suneki, S. (2023). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA MATH PLAYGROUND DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 MATERI PENGURANGAN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3678.
Manurung, A., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikadi Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(4), 1293. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544
Megawati, A., Sholihah, M., & Limiansih, K. (2023). Implementasi Computational thinkingdalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9, 98. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/22010/9836
Nasiba, U. (2022). BRANKAS RAHASIA: MEDIA PEMBELAJARAN NUMERASIBERBASIS BERPIKIR KOMPUTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6, 521-538. https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/764/419
Nesbit, J., Belfer, K., & Leacock, T. (2007). Learning object review instrument (LORI), Version 1.5. E-Learning Research and Assessment (eLera) and the Portal for Online Objects in Learning (POOL).
Ni'am, M. K., Lia, L., Salsabila, N. A., Fitriyani, N., & Sari, N. (2022). Pembelajaran Matematika berbasis Computational Thinking di Era Kurikulum Merdeka Belajar. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 71. http://103.142.62.229/index.php/santika/article/view/1097
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbentuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191-202.
Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019, February). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 439-443).
Rusdi, M., (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sartika, Indriani, D., & Limiansih, K. (2023). Implementasi Pendekatan Computational Thinking Pada Mata Pelajaran IPADi Kelas III Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 2560. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/460/494
Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of The ADDIE. Instructional Design Model in Distance Education. Information, 13(9), 402.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hardiansyah, Y., Hernawan, A., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 8257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Supriyono, S. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.
Suryani, M., Jufri, H. L., & Putri, A. T. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 121. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/597
Veronica, A., Siswono, T., & Wiryanto. (2022). Hubungan Berpikir Komputasi dan Pemecahan Masalah Polya pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5, 117. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/7977
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.
License
Copyright (c) 2025 Mochammad Aqil Abdurrafi, Andhin Dyas Fitriani, Ira Rengganis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.