Manajemen Kendali Mutu Sumberdaya Sekolah di SMPN 1 Sakra Timur Lombok Timur
Penulis
Riki Putrawan , Fahruddin Fahruddin , Untung WaluyoDOI:
10.29303/jipp.v8i1b.1365Diterbitkan:
2023-04-28Terbitan:
Vol 8 No 1b (2023): AprilKata Kunci:
Manajemen, Mutu Sekolah, Sumberdaya.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen kendali mutu sumberdaya sekolah SMP Negeri 1 sakra Timur. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji credibility, Transferability, Dependability, and confirmability. Hasil penelitian: pertama; Perencanaan dalam proses kendali mutu ditetapkan secara bersama-sama dalam forum Rapat Internal satu kali dalam setahun dan tersusun dalam Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang melibatkan Kepala Madrasah, Pendidik, tenaga kependidikan, Komite Madrasah. Langkah-langkah yang ditempuh meliputi: 1) penentuan kebutuhan kekurangan di sekolah, 2) penentuan sasaran. 3) tempat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan sekolah. 4) Penentuan program, 5) Pelaksanaan program dan 8 Standar Nasional Pendidikan menjadi sumber rujukan dalam proses perencanaan kendali mutu. Kedua; Pelaksanaan kendali mutu di SMP Negeri 1 Sakra Timur mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang telah disepakati dan dirumuskan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SMP Negeri 1 Sakra Timur yang tersusun pada tahun 2022 yang meliputi; (1) Pengembangan Standar Isi, (2) Pengembangan standar proses, (3) pengembangan Pendidik dan Tenaga Pendidikan, (4) Pengembangan sarana dan prasarana, (5) Pengembangan Standar Pengelolaan, (6) Pengembangan Standar pembiyaan, (7) Pengembangan penilaian pendidikan, (8) Pengembangan standar kompetensi lulusan. Ketiga; Evaluasi kendali mutu sumberdaya sekolah di SMP Negeri 1 Sakra Timur Meliputi; Hasil belajar, Isi Pendidikan, Proses Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Pengelolaan Pendidikan, Sarana dan Prasarana, Pembiyaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Referensi
Apriwandi, A., Asrin, A., & Sudirman, S. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Praya). JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 4(1).
Asrohah, H. (2015). Manajemen Mutu Pendidikan: buku perkuliahan Program S-1 Jurusan Kependikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan UIN Sunan Ampel Surabaya.
Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1997). Qualitative research for education. Boston, MA: Allyn & Bacon.
Burhanudin, B., Prayoga, A., & Irawan, I. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Islam. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(1), 53-64.
Danim, S., & Suparno, D. (2009). Manajemen dan kepemimpinan transformasional kekepalasekolahan: visi dan strategi sukses era teknologi, situasi krisis, dan internasionalisasi pendidikan. Rineka Cipta.
Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81-88.
Hakim, L. (2016). Manajemen sarana dan prasarana sekolah alam. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 1(1), 60-66.
Hamdani, S. (2021). Pengembangan Mutu Sekolah Berbasis Kemitraan: Analisis Peran dan Fungsi Komite Sekolah di SMP Islam Al-Azhar 2 Pejaten Jakarta. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 19(1), 25-59.
Handoko, T. H. (2014). Manajemen, Edisi Kedua, Cetakan Keduapuluhenam. BPFE. Yogyakarta.
Hasibuan, M. S. P. (2015). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara.
Herawati, T. (2020). Manajemen peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di MIN 1 Kapuas (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
INDONESIA, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Jarvis, T., Hargreaves, L., & Comber, C. (1997). An evaluation of the role of email in promoting science investigative skills in primary rural schools in England. Research in Science Education, 27, 223-236.
Junaedi, E. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2).
Komariah, A. (2014). Pengaruh kepemimpinan transformasional, iklim sekolah, kinerja mengajar guru terhadap produktivitas sekolah. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 30(1), 118-125.
Larasati, S. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Deepublish.
Makki, M., Sudirman, S., Tahir, M., & Jaelani, A. K. (2021). Kinerja Manajerial Kepala Sekolah Dasar di Kota Mataram. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 6(3), 561-569.
Maulidi, M. J. (2019). Wisata halal dan identitas islami: studi kasus lombok, nusa tenggara barat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 18-26.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. (terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nasir, M. (2021) Pengembangan Sumber Daya Sekolah Dalam Upaya Menjamin Layanan Belajar Yang Berkualitas Pada Smp Swasta Nurul Arafah Baktiya.
Nurbaeti, V. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moving Class dan Lintas Minat di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara (Doctoral dissertation, IAIN).
Ramayulis, R., & Mulyadi, M. (2017). Manajemen dan kepemimpinan pendidikan islam (Cet. 1). Kalam Mulia.
Rivai, S., & Rahmat, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Untuk Pemahaman Konsep Dasar Matematika Bagi Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(1), 57-68.
Riyanto, Y. (2007). Metodologi penelitian pendidikan kualitatif dan kuantitatif.
Rudi, H. (2020). Peran Pendidikan Gerakan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik: Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri MAN 1 Kota Cilegon-Banten. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 51-73.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Terry, G. R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122-132.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Riki Putrawan, Fahruddin Fahruddin, Untung Waluyo
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.