Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar
Penulis
Nur Atifa , Satriawati Satriawati , Syamsul Alam , Eka Fitriana HSDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1653Diterbitkan:
2023-11-30Terbitan:
Vol 8 No 4 (2023): NovemberKata Kunci:
Perhatian Orang Tua, kemandirian belajar, Siswa Kelas IV.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh perhatian orang tua terhadap kemandirian belajar siswa di UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertempat di UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas IV yang terdiri dari 26 siswa kelas IV A, 30 siswa IV B. Dan 27 siswa IV C, sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 83 dengan menggunakan teknik Sampel Random Sampling. Metode pengumpulan data dan pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dengan analisis data menggunakan SPSS 28. Hasil analisis deskriptif pengaruh perhatian orang tua kelas IV termasuk pada kategori sangat berpengaruh dengan presentase sebanyak 51%, dan kemandirian belajar siswa kelas IV berada pada kategori sangat baik dengan presentase 66,27%. Adapun hasil analisis inferensial yaitu diperoleh nilai sebesar 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV sesuai kriteria yang telah ditentukan Sig (0,001) (0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga secara teoritis dan empiris peneliti menyatakan bahwa perhatian orang tua berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar.
Referensi
Abu, A. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di SDN 130 Karambua Desa Rinjani Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2), hlm. 3.
Aulia, K. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2 hlm. 246 Edisi XI.
Arifah Yuli Purwaningsih, H. H. (2020). Pengaruh Regulasi Diri dan Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan.
Achdiyat, M. (2017). Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua. Menjadi Guru Pembelajar. Hlm.53
Alam, F. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 7(1), Halaman: 3, April 2020.
A.Rahman (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia .Vol. 2 No. 2 Halaman: 172, Februari 202
Citra Nuritha, A. T. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 05(01), Halaman: 50, Maret 2021.
Dessy Indah Saputri, J. S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), Halaman: 371, Tahun 2019.
Effendi, M. M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences. 10(1), Halaman: 17-23, Januari 2018
Endriani, A. (2016). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smpn 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Realita. 1(2) Halaman: 105, Edisi Oktober 2016.
Eka Fitriana HS, M. K. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Celebes Education Journal. 1(1), Halaman: 60, April 2019,
Feronika Famani, J. R. (2022). Pengaruh Rapor Elektronik Terhadap Asesmen Autentik Guru Sd Inpres Bangkala Iii Kecamatan Manggala Kota Makassar. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa, 2(2), Agustus (2022): 103-113.
Handayani, D. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar .Volume 8, Edisi 1, Mei 2017: 130
Hani Subakti, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka, 3(2), Desember 2020 :107
Hazzima Nengsih, H. P. (2021). Perhatian Orang Tua Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. JPDP, 7(2) (2021) 98-109.
Irfan Sugianto, S. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(3) Halaman: 160, Agustus 2020.
Irmayanti, P. B. (2021). Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Daring dan Luring SD Negeri Kassi Kota Makassar. Jurnal Pendas Mahakam. 6(2). 64-69. December 2021.
Indah Septiya Rini, S. E. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Nusa Tunggal Kecamatan Belitang III. Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah. 2(2), Halaman: 96 – 107, Juli, 2020.
Jusmawati, S. B. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pgsd Unimerz Pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 5(2).
Jusmawati, S. I. (2018). Pengaruh Motivasi Berafiliasi Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa SD Inpres Perumnas Antang Kota Makassar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. hlm 160
Kusuma, Y. Y. (2021). Analisis Hubungan Perhatian orang Tua dengan Prestasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid - 19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 3(1) Tahun 2021.
Merry, P. A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Sd Inpres Bangkala Iii Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 03(03) Maret 2022: 258
Ningsih, R. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif (1): 73-84, 2016.
Nurlia, Y. H. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biolog. 6(2), Edisi April 2017: 322
Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian OrangTua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. II(1), Halaman: 3, Maret 2015.
Na’immatussholilah, H. I. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Kelas Awal . Journal of Education Research hlm 148.
Oktavera, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 6 Edisi 2 Desember 2015: 314
Purnomo, Y. (2016). Pengaruh Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Purnomo, Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika. 02(01), 01 Des 2016, hlm. 93–105.
RR Aliyyah, F. P. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), Oktober 2017, hlm. 127
Subhi, R. A. (2016). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madaniyah. Volume 2, 2016, hlm 244
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal “Mosharafa”, 5(2), Halaman: 76, Mei 2016.
Sania Nurcahya, S. F. (2021). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas Iv Sdn Pinang Ranti 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(02), Halaman: 153, Desember 2021,
Siti Nurfadilah, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Journal homepage. hlm 125
Waddi Fatimah, P. B. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 7(1) Januari 2022: 29
Widyastuti, I. (2019). Kajian Tentang Hubungan Kemandirian Belajar dan Perhatian Orangtua Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, hlm 165
Yaredi Laia, M. S. (2022). Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Susua Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2(1) Halaman: 3, Edisi Maret 2022.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nur Atifa, Satriawati Satriawati, Syamsul Alam, Eka Fitriana HS
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.