Open Journal Systems

Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru

Tasnim Tasnim, Muntari Muntari, Sukardi Sukardi

Abstract

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala madrasah dan guru-guru di MI Hamzanwadi I Pancor. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Hamzanwadi I Pancor menggunakan pendekatan kolaboratif yaitu secara langsung dan secara tidak langsung. Teknik-teknik supervisi akademik yang digunakan adalah teknik individual dan teknik kelompok dengan menggunakan strategi lesson study.

Keywords

supervisi akademik; profesionalisme guru; academic supervision; teacher professionalism

Full Text:

PDF

References

Ambarita, B. (2015). Upaya Peningkatan Sikap Profesional Guru Melalui Peningkatan Kebiasaan Membaca. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2), 314–325. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4239

Arikunto, S. (2009). Penilaian Pendidikan, Jakarta: Depdikbud.

Daryanto, H. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Helmi, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan, 7(2), 319–336. Retrieved from http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/43/38

Herlita, H., Wijaya, C., & Saputra, E. (2018). Profesional Guru Smk Swasta Sekecamatan Medan Marelan. AT-TAZAKKI, 2(2), 187–199.

Hikmawati, Ramdani, A., Hadiprayitno, G., Muntari, & Haris, M. (2020). Sosialisasi Lesson Study for Learning Community (LSLC) Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran IPA di SMP Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (JPMSI). 2(2), 108-112.

Inayatullah. (2011). Kontribusi Faktor-Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Peningkatan Kinerja Profesional Guru. Jurnal FKIP : REGION, 3(1), 51–74. Retrieved from http://www.ejournal-unisma.net/ojs/index.php/region/article/view/460

Makawimbang, J.H. (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muhajirin, Wildan, & Sukardi (2018). Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah Aliyah Swasta Se Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5 (2), 24-36.

Mujiyana. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Supervisi Akademik Teknik Individual Kunjungan Kelas di MIN 1 Gunungkidul Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(1), 67–76.

Muntari, Muti’ah, Al Idrus, S.W., & Supriadi. (2021). Pendampingan Implementasi Pembelajaran Guided Discovery Melalui Lesson Study for Learning Community (LSLC) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Kimia Siswa SMA Zonasi Narmada Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 143-148.

Nugroho, L. A., & Hendayana, S. (2011). Penerapan Lesson Study Berbasis Sekolah untuk Melaksanakan Supervisi Akademik Pembelajaran Fisika Di SMA1. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(1).

Priansa, DJ & Somad. (2014), Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta.

Purwanto, Ngalim. (2011). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Rosda Karya.

Rasyid, H. Al. (2015). Analisis Standar Kualifikasi Akademik Guru SD di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Widyagogik, 1(1), 1–16.

Ritonga, P., Siddik, D., & Khadijah. (2017). Urgensi Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran Di MIS Nurul Siti Aisyah Ishak Delitua. Edu Riligia, 1(3), 474–486.

Sartika, E., & Muchtar, B. (2014). Pengaruh Sikap Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Sungai Penuh. Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik, 2(1), 2014.

Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional (Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah). Bandung: Alfabeta.

Tarhid. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 5(2), 141–155.

Zakso, A., & Radiana, U. (2012). Pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru SMP Negeri 1 Bengkayang (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Wadi, H., Suryanti, N.M.N., & Sukardi. (2020). The Collaborative Learning for Multicultural of Social Science with Lesson Study Pattern for Strengthening Student Character Education. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol. 465, 322-326.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.