Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMAN 1 Narmada
Penulis
Epa Sasnika , Masyhuri Masyhuri , Nursaptini Nursaptini , Ni Made Novi Suryanti , Deny SuprainiDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2363Diterbitkan:
2024-09-03Terbitan:
Vol 9 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Cooperative learning, Everyone is teacher, Hasil Belajar, Keaktifan.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Cooperative learning tipe everyone is teacher here merupakan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan untuk mendapatkan keaktifan kelas secara keseluruhan dan secara individual. Ketika keaktifan belajar siswa meningkat itu akan mempengaruhi pemahaman tentang materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. penelitian ini menggunakan dua siklus penelitian tindakan kelas, dengan tiga sesi disetiap siklusnya. Subjek penelitian adalah 36 siswa dari kelas XI IPS 2 SMAN 1 Narmada. Penelitian ini menggunakan tahapan penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan untuk meneliti data yang terkumpul. Instrument penelitian menggunakan Observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Keaktifan siswa dinyatakan meningkat manakala 80% keaktifan siswa dalam ketegori baik sedangkan hasil belajar siswa dinyatakan meningkat manakala 75% hasil belajar siswa mencapai nilai 75 sesuai KKM. Temuan menunjukkan bahwa, keaktifan siswa dari 63,8% pada siklus pertama, naik menjadi 86% pada siklus kedua, keaktifan siswa meningkat sebesar 22,2%. Mengenai hasil belajar, data siklus pertama menunjukkan bahwa 58% siswa tuntas, pada siklus kedua menunjukkan peningkatan sebesar 25,3% menjadi 83,3%, siswa tuntas. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe everyone is teacher ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran Sosiologi SMAN 1 Narmada.
Referensi
Akhiruddin, R. (2018) Strategi Pembelajaran Sosiologi, Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur.
Al Ghozi, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here Pada Pembelajaran Pai Materi Pokok Makanan Yang Lalal Dan Haram Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelass 9 F Smp Negeri 4 Gresik. Akademika, 15(2).
Asiza, N. & Irwan, M. (2019) Everyone Is A Teacher Here.
Aulia, S. N., Suryanti, N. M. N., Malik, I., Masyhuri, M., & Adhecelan, H. (2023). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Film Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pringgabaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2364-2369
Aunurrahaman (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Desy Kusrini, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Ekawarna, E., Salam, M. & Anra, Y. (2021) ‘Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK’, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), pp. 52–62.
Fazri, Z. (2017) ‘Penerapan model cooperative learning tipe everyone is teacher here untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran sosiologi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017’, SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 7(2).
Halawa, A., Telaumbanua, A. & Zebua, Y. (2022) ‘Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), pp. 582–589. Available at: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.84.
Halek, D. H. (2011). Penerapan pembelajaran kooperatif odel investigasi kelompok berasis out door study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Ternate(Decoral Dissertation, Universitas Negeri Malang).
Hanandini, D.A. (2019) ‘implementasi strategi every one is a teacher here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas viii madrasah tsanawiyah negeri 3 ponorogo semester genap tahun 2018/2019’. Iain Ponorogo.
Huri Ahmad (2017) ‘Upaya Meningkatkan Kesiapan Belajar Dan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Media " Sociology Expression Pocket " Siswa Kelas Xi Ips-1 Di Sman 1 Kauman Tulungagung’, (2), pp. 13–17.
Jannah, M. & Junaidi, J. (2020) ‘Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar’, Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), pp. 191–198.
Kadir, A. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. AL-TA’DIB: Jurnal kajianilmu kependidikan, 8(2), 70-81.
Novitasari, D. (2017) ‘Devi Novitasari Program studi Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK’.
Nurlaelasari, Vivih Silvia & Rosidah, A. (2020) ‘Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, pp. 26–32.
Royani, M. & Muslim, B. (2014). Keterampilan bertanya siswa SMP melalui strategi pembelajaran aktif tipe team quiz pada materi segi empat. EDU- MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 22-28.
Sabil, Q. M., Wadi, H., & Suud, S. (2023). Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Berbantuan Media Video Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 82-87.
Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1)
Susilowati, D. (2018) ‘Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran’, Jurnal ilmiah edunomika, 2(01).
Telaumbanua, A. et al. (2022) ‘Case Method-Based Learning in AUTOCAD-Assisted CAD Program Courses’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), pp. 1324–1328. Available at: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4127.
Wadi, H., & Handayani, N. (2023). Penerapan Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Model Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Menjawab Siswa Kelas X. 1 Ips Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 10 Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6758-6765
Yaqin, A.H. (2017) ‘Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran Pendidikan Agama Islam’. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017.
Yusuf, M. (2018). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sd dengan menerapkan strategi everyone is a teacher here pada model pembelajaran kooperatif. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 18-29.
Biografi Penulis
Masyhuri Masyhuri, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
Nursaptini Nursaptini, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
Ni Made Novi Suryanti, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Epa Sasnika, Masyhuri Masyhuri, Nursaptini Nursaptini, Ni Made Novi Suryanti, Deny Supraini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.